Agen Ace Maxs

Blog Archive

Followers

MENGENAL JENIS IKAN SEBAGAI BAHAN UTAMA NUGGET

Diposting oleh Nisa Ihsani Minggu, 15 Agustus 2010

A. Ikan Gurame

Ikan gurame memiliki prospek cerah dengan harga cukup mahal. Ikan gurame dapat di budidayakan dengan baik mulai dari daratan rendah sampai ketinggian 800 meter di atas permukaan air laut, dengan suhu air optimum antara 24-28 C.
Ciri-ciri ikan gurame jantan adalah sebagai berikut :

a. Dahinya bertombol dan berwarna kekuning-kuningan
b. Kedua belah rusuk bagian belakang membentuk sudut tumpul
c. Semua sisik agak terbuka dan pada sirip tampak urat-urat rambut berwarna kerah-merahan

Sedangkan ciri-ciri ikan gurame betina adalah sebagai berikut :
a. Sirip nya berwarna kehitam-hitama
n
b. Bagian perut di belakang sirip dada membesar
c. Umur yang baik antara 4-5 tahun dan beratnya kurang lebih 2 kg
d. Lama bertelur ikan gurame antara 2-3 hari. Jumlah telur antara 1000 – 3000 butir. Setelah 10 hari, telur tersebut menetas.

B. Ikan Kakap



Ikan kakap te
rdiri dari 2 jenis, yaitu kakap merah dan kakap putih. Kakap merah berwarna merah tua pada punggung dan merah muda pada bagian perutnya. Sedangkan pada kakap putih berwarna kelabu berkilau putih seperti perak. Dagingnya padat dan durinya sedikit.


C. Ikan Tenggiri


Ikan tenggiri terdiri dari berbagai ukuran. Ikan ini tergolong ke dalam jenis ikan besar. Dagingnya cukup banyak sehingga daging ikan tenggiri sering digunakan sebagai bahan utama untuk berbagai makanan olahan, misalnya : pempek, roti, kerupuk dll
Bentuk ikan tenggiri bulat lonjong meruncing kebagian ekornya. Kulit bagian punggungnya berwarna abu-abu tua dan pada bagian perut berawarna abu-abu muda hampir putih. Pada punggung dan sedikit bagian perut tersdapat bintik-bintik hitam.
B. Ikan Tongkol


Ikan Tongkol warna kulitnya hampir sama dengan tenggiri tetapi tidak berbintik. Sisik halus sekali, hampir tidak tampak. Dagingnya padat dan tidak terdapat duri dalam dagingnya.



D. Ikan Gabus


Ikan
gabus banyak ditemukan di daerah rawa. Ikan ini banyak terdapat di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Ikan ini berwarna hitam pada bagian punggungnya. Kemudian, pada bagian perutnya berwarna putih. Ikan gabus memiliki sisik yang kecil.


E. Udang
Udang terdiri dari beberapa jenis. Bahkan, ukurannya ada yang besar dan ada pula yang kecil. Udang yang Sangay besar disebut udang galah ( lobste ).
Udang dapat berasal dari lauk tambak, sungai, dan rawa. Udang sungai dan rawa tidak begitu enak dibandigkan dengan udang laut atau tambak
.


F. Kepiting
Kepiting dapat kita temukan di daerah tambak dan pantai laut terutama di daerah yang berlumpur. Ada dua jenis kepiting, yaitu yang hidup di darat dan di laut. Bagian tubuh kepiting sebagian besar berupa cangkang. Namun demikian, walaupun daging kepiting sedikit, tetapi dagingnya padat dan tidak berduri.

0 komentar

Posting Komentar

Hi..!!!!!

Cartoons Myspace Comments

Time

Entri Populer